Jumat, 09 Maret 2012

LAPORAN MGMP


BAB I
PENDAHULUAN

1.  Latar Belakang
Secara umum kondisi pendidikan di Kabupaten Lombok Barat dari tahun ke tahun mengalami peringkat yang cukup baik, namun dari segi perolehan angka UN (Ujian Nasional) mata pelajaran matematika masih memperoleh nilai rendah bila dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya. Perolehan nilai UN yang masih rendah tersebut mengindikasikan adanya kurang optimalnya kinerja guru mata pelajaran didalam kegiatan pembelajaran. Disamping itu, rendahnya prestasi siswa dalam UN juga mengidentifikasikan masih rendahnya kualifikasi dan kompetensi guru matematika di kabupaten Lombok Barat.
      Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan indikasi perolehan nilai yang lebih baik, perlu adanya pembinaan kinerja guru melalui berbagai cara. Salah satunya adalah melalui kegiatan MGMP. Kegiatan MGMP yang dilaksanakan selama ini masih belum optimal. Belum semua guru mau memanfaatkan kegiatan MGMP secara optimal guna meningkatkan kompetensinya permasalahan yang selalu timbul dan klasik selama ini adalah kurangnya dana untuk melaksanakan kegiatan MGMP tersebut.
      Disamping permasalahan dana, pola-pola kegiatannya secara signifikan juga belum mampu meningkatkan kompetensi dan atas kerja guru. Oleh karena itu, perlu dicari formula baru dalam pelaksanaan MGMP tersebut agar lebih bermakna bagi guru dalam rangka meningkatkan  kompetensi dan etos kerja guru matematika.
      Kelompok kerja MGMP Matematika Kediri Kabupaten Lombok Barat telah bertekad untuk meningkatkan kompetensi guru yang menjadi anggotanya agar mereka memiliki kompetensi profesional yang memadai dan mampu bekerja secara optimal sehingga mampu meningkatkan prestasi belajar siswa, untuk itu kami sangat memerlukan bantuan dana yang memadai agar mampu melaksanakan kegiatan MGMP tersebut secara optimal
2.  Pengertian
            Musyawarah guru mata pelajaran yang disingkat MGMP adalah forum atau wadah kegiatan guru mata pelajaran sejenis dalam rangka meningkatkan kemampuan  profesional dan  keterampilan dalam merencanakan, mempersiapkan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran

3. Peserta
            Peserta yang terlibat dalam kegiatan MGMP Matematika Kediri ini terdiri atas guru-guru  mata pelajaran Matematika dalam wilayah Lombok Barat yang terdiri atas 21 orang guru mata pelajaran dan 6 orang guru sebagai pengurus MGMP.
4.  Tujuan dan sasaran MGMP
      Tujuan kegiatan MGMP yang diharapkan adalah untuk :
a.      memberi kesempatan kepada peserta MGMP untuk meningkatkan kualifikasi dan kompetensi guru matematika
b.      meningkatkan pengetahuan dan keterampilan proses belajar mengajar yang lebih berkualitas serta mengadopsi pendekatan pembaharuan dalam pembelajaran yang lebih profesional
c.      Meningkatkan pengetahuan, kompetensi dan memberi pengakuan pengalaman kerja dan hasil belajar melalui kegiatan MGMP
5.  Sasaran
      Adapun sasaran kegiatan MGMP ini adalah semua guru matematika di Kabupaten Lombok Barat, baik yang berada dilingkungan Dinas Dikpora maupun yang berada di bawah naungan Departemen Agama dengan urutan kriteria sebagai berikut :
a.      kelompok guru mata pelajaran matematika di wilayah Kabupaten Lombok Barat yang belum berkualifikasi S1
b.      Kelompok guru mata pelajaran matematika yang belum bersertifikasi sebagai guru profesional
c.      Kelompok guru mata pelajaran matematika yang memerlukan PTK sebagai persyaratan untuk kenaikan pangkat

6.  Hasil yang diharapkan
            Adapun hasil akhir yang diharapkan dari kegiatan MGMP ini adalah:
a.      terbentuknya guru matematika yang berkualfikasi dan berkompetensi sehingga mampu melaksanakan tugasnya secara optimal dan profesional
b.      Terciptanya proses pembelajaran matematika di kelas yang lebih berkualitas
c.      Diperolehnya pengakuan pengalaman kerja dan hasil belajar melalui kegiatan MGMP
d.      Guru mengenal dan memiliki keterampilan dalam bidang ICT
e.      Guru memiliki kemampuan melaksanakan dan menyusun laporan PTK
f.       Guru memiliki kemampuan untuk menulis kajian kritis

























BAB II
PELAKSANAAN PROGRAM MGMP



1.  Waktu dan tempat kegiatan
      Kegiatan MGMP Matematika dilaksanakan di sanggar  MGMP Matematika di SMP Negeri 1 Kediri Jl. TGH. Abdul Karim Kediri Lombok Barat. Kegiatan dilaksanakan mulai bulan September 2010 sampai dengan Maret 2011. kegiatan dilaksanakan mulai pukul 08.00-12.00 wita
2. Bentuk Kegiatan
                  Pelaksanaan kegiatan MGMP Matematika menggunakan berbagai bentuk jenis kegiatan diantaranya adalah :
a.      In-Service dilaksanakan 3 hari
b.      On-Service dilaksanakan selama 16 kali pertemuan
Adapun bentuk kegiatanya sebagai berikut
a.      Diskusi kelas untuk membahas materi MGMP sesuai dengan jadwal yang ditetapkan yang dipandu oleh Narasumber PCT/DCT/Guru pemandu
b.      Diskusi kelompok untuk menemukan permasalahan yang menghambat proses pembelajaran dan sekaligus mencari solusi pemecahannya yang dipandu oleh guru pemandu / DCT
c.      Kunjungan kelas (Observasi/Lesson Study) Untuk mencari data permasalahan yang akurat dari permasalahan dalam proses pembelajaran sekaligus mencoba mencari akar permasalahannya yang dipandu oleh guru pemandu / DCT
d.      Diskusi kelas (pleno) untuk mempresentasekan hasil temuan pada masing-masing kelompok dan sekaligus meminta masukan dari para peserta yang lain yang dipandu oleh guru pemandu /DCT
3. Tingkat Kehadiran Peserta
      Adapun tingkat kehadiran peserta dalam kegiatan MGMP yang pelaksanaannya berbentuk In-Sevice …..% sedangkan pada pelaksanaan On-Service kurang lebih …% (daftar terlampir)
4. Pendanaan
      Dana untuk pelaksanaan MGMP diperoleh dari Dana Bantuan Langsung (DBL) yaitu sebesar 20 juta rupiah yang semua itu digunakan untk semua jenis kegiatan MGMP sesuai petunjuk DBL 2010
5. Masalah yang dihadapi
a.      kehadiran peserta terkendala karena ada beberapa peserta yang mendapatkan tugas tertentu dari sekolah yang tidak dapat ditinggalkan
b.      belum semua jenis tagihan dapat dikumpulkan karena belum sepenuhnya memahami isi tagihan, sementara jadwal terlalu padat
c.      pelaksanaan kegiatan kadang tidak sesuai jadwal, yang telah ditetapkan, disebabkan kadang-kadang berbenturan dengan kegiatan hari-hari besar nasional, hari keaagamaan serta kegiatan yang tidak terduga lainnya

6. Upaya pemecahan masalah
a.      perlu adanya kesepakatan antara peserta dan kepala sekolah tentang jadwal pelaksanaan kegiatan MGMP
b.      rentang waktu pelaksanaan kegiatan MGMP disesuaikan dengan program
c.      Untuk beberapa materi yang belum dipahami oleh sebagian besar peserta akan dilakukan pendalaman materi






















BAB III
HASIL PELAKSANAAN KEGIATAN

      Adapun hasil-hasil kegiatan yang telah dicapai selama kegiatan In-Service maupun On-Service berupa bukti fisik maupun non fisik :
      Hasil dalam bentuk fisik antara lain
1.      contoh dokumen KTSP dan Silabus
2.      contoh dokumen RPP
3.      contoh Analisis butir soal dan bank soal
4.      contoh media pendidikan, model pembelajaran, media pembelajaran, dan metode pembelajaran
5.      contoh kajian kritis
6.      contoh proposal PTK dan laporan PTK
7.      contoh jurnal belajar
8.      Instrumen TNA (Training Need Asassement)
9.      Hasil pelaksanaan lesson study
10. hasil pelaksanaan study visit
Sedangkan hasil non fisik berupa peningkatan kompetensi pedagogic (penguasaan terhadap strategi pembelajaran) maupun kompetensi akademik (penguasaan materi pembelajaran) termasuk didalamnya pemahaman dan keterampilan ICT dari hasil sharing antara peserta dan narasumber/fasilitator













BAB IV
RANGKUMAN HASIL EVALUASI MANDIRI

      Secara umum kegiatan MGMP Matematika SMP/MTs wilayah 01 Kabupaten Lombok Barat berjalan dengan lancar. Namun beberapa kendala masih saja terjadi misalnya keterlambatan peserta, keterlambatan itu bukan diakibatkan karena kesengajaan namun karena faktor internal sekolah tempat mereka bertugas seperti ada tugas lain yang bersamaan dengan kegiatan MGMP dan harus dilaksanakan oleh peserta pada saat itu juga disekolahnya.
      Untuk kedepan diharapkan masing-masing sekolah menyediakan waktu kosong dari tugas (bebas tugas mengajar) bagi peserta yang mengikuti kegiatan MGMP. Dengan demikian berbagai benturan antara melaksanakan tugas mengajar disatu sisi dan mengikuti kegiatan MGMP disisi lain tidak akan terjadi lagi






















BAB V
PENUTUP

A. KESIMPULAN
      Pelaksanan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) Matematika wilayah 01 Kabupaten Lombok Barat yang berada di SMP Negeri 1 Kediri berjalan dengan lancar. Berbagai kendala yang terjadi menjadi catatan untuk dicarikan solusinya sehingga efektivitas kegiatan pada tahap berikutnya bisa lebih ditingkatkan. Berbagai hasil telah dicapai baik yang berupa fisik maupun non fisik. Hasil-hasil kegiatan fisik berupa RPP untuk lesson study, proposal PTK, Laporan PTK dan Kajian Kritis sedangkan hasil kegiatan non fisik yang telah dicapai berupa peningkatan kompetensi peserta di bidang pedagogik, akademik, dan keterampilan ICT

B. REKOMENDASI
      Mengingat pentingnya kegiatan musyawarah guru mata pelajaran matemaika dalam upaya peningkatan kinerja dan profesional guru dalam kegiatan pembelajaran, maka kegiatan tersebut diharapkan dapat terus berlanjut. Untuk menunjang kelancaran kegiatan tersebut perlu adanya komitmen yang tegas dari semua pihak, baik kepala dinas dan jajarannya, kepala sekolah (MKKS) pengawas (MKKS) dalam bentuk dukungan baik moral maupun material












Kata Pengantar

            Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT. Tuhan yang maha kuasa, karena atas rahmat serta bimbingan-Nyalah kami dapat menyusun Laporan Pelaksanaan Kegiatan MGMP Matematika Kediri Lombok Barat, meski dalam bentuk yang masih jauh dari sempurna.
            Laporan ini disusun sebagai bentuk akuntabilitas kami dalam memanfaatkan dana bantuan langsung dalam rangka meningkatkan kompetensi Profesionalisme untuk mengemban tugas mulia mencerdaskan kehidupan anak bangsa. Pada wadah inilah para guru bisa sharing, bisa saling mengisi dan memecahkan permasalahan pembelajaran yang dihadapi di kelas secara bersama, sehingga apa yang menjadi permasalahan –permasalahan pembelajaran tersebut dapat diberikan solusinya
ii
 
            Dalam kegiatan MGMP ini telah dilaksanakan kegiatan On-Service. Hasil yang telah diperoleh antara lain tersusunnya beberapa perangkat pembelajaran seperti : RPP untuk Lesson Study, proposal PTK, PTK, dan Kajian Kritis. Perangkat Pembelajaran dan produk lain yang dihasilkan, diharapkan dapat menunjang para guru dapat mengemban tugas pokok sehari-hari.
            Kami menyadari bahwa laporan ini belum sempurna. Untuk itu kritik, saran dan masukan sangat diharapkan. Semoga laporan ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.
Kediri,      April 2011
Pengurus MGMP Matematika Kediri
Ketua



Nursahid, S.Pd
NIP.19620412 198302 1 003


DAFTAR ISI

Halaman Pengesahan  ………………………………………………………….
i
Kata Pengantar …………………………………………………………………
ii
Daftar Isi ………………………………………………………………………..
iii
Bab I Pendahuluan

1.      Latar Belakang   ……………………………………………………………..
2.      Pengertian MGMP …………………………………………………………...
3.      Peserta MGMP ………………………………………………………............
4.      Tujuan  MGMP ……………………………………………………………...
5.      Sasaran MGMP ……………………………………………………………..
6.      Hasil yang diharapkan ……………………………………………….............
1
2
2
2
2
3
Bab II Pelaksanaan Program MGMP
a.       waktu dan tempat  ……………………………………………………….......
b.      bentuk kegiatan  ………………………………………………………..........
c.       tingkat kehadiran ……………………………………………………….........
d.      pendanaan  ………………………………………………………..................
e.       masalah yang dihadapi ………………………………………………………
f.       upaya pemecahan masalah …………………………………………………..

4
4
4
4
5
5
Bab. III  Hasil pelaksanaan kegiatan …………………………………………
6
Bab IV Rangkuman hasil evaluasi Mandiri  …………………………………
7
Bab. V Penutup 
a.       Kesimpulan  ………………………………………………………………….
b.      Rekomendasi  ………………………………………………………………..
Lampiran-lampiran
a.       Hasil evaluasi Mandiri MGMP
b.      Hasil evaluasi Mandiri oleh MGMP
c.       Dokumen hasil kegiatan
d.      Foto copy dokumen pertanggungjawaban keuangan

8
8









iii
 
 

HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN PEMANFAATAN DANA BANTUAN LANGSUNG MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMP/MTs. WILAYAH 01 KABUPATEN LOMBOK BARAT PROPINSI NTB


KETUA                                             :  NURSAHID, S.Pd
SEKRETARIS                                 : SULTON, S.Pd
BENDAHARA                                 : H.M.HARJANA, S.Pd
ALAMAT SEKRETARIAT           : Jl. Tgh. Abdul Karim Kediri Telpon (0370) 671922  Kode Pos 83362 Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat


Mengetahui
Ketua Sanggar




Drs. Zainal Arifin MS.,M.Pd.
NIP. 19590818  198503 1 025


Kediri, 01 April 2011
Ketua MGMP Matematika




Nursahid, S.Pd
NIP.19620412 198302 1 003

Menyetujui/Mengesahkan
Kepala Dikpora Lobar



Drs. H. Fathurrahim, M.Si
Pembina, IV/a
i
 
NIP. 19600211 198903 1 001
LAPORAN PEMANFAATAN DANA LANGSUNG 
MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMP/MTs
WILAYAH 01 KABUPATEN LOMBOK BARAT PROPINSI NTB
TP. 2010/2011 










KETUA                                             :  NURSAHID, S.Pd
SEKRETARIS                                 : SULTON, S.Pd
BENDAHARA                                 : H.M.HARJANA, S.Pd








Sekretariat : SMP Negeri 1 Kediri
Jl. Tgh. Abdul Karim Kediri Telpon (0370) 671922




LAPORAN KEUANGAN
MGMP MATEMATIKA KAB. LOMBOK BARAT
TP. 2010/2011
 

















Di  SMP Negeri 1 Kediri
Jl. Tgh. Abdul Karim Kediri Telpon (0370) 671922



2011

1 komentar:

  1. Asslamualaikum admin. izin copy format laporannya y. perkenalkan saya Edy Atthusi. Anggota MGMP Mat Kabupaten Bengkalis.

    BalasHapus